,

Penandatanganan MOU dan MOA AIPKI Wilayah VI dengan Pihak Management & Science University (MSU) Malaysia

Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Memorandum of Agreement (MOA) antara Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah VI dengan Pihak Management & Science University (MSU) Malaysia dilaksanakan pada hari Rabu, 02 Agustus 2023. Acara ini berlangsung di Ruang Senat Lantai II Gedung FK-UH.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari MSU Malaysia, yaitu:
Prof. Tan Sri Dato Wira Dr Mohd.Shukri Ab Yajid, President MSU
Prof. Puan Sri Datuk Junaina Ab Hamid
Prof. Dr. Indang Ariati Ariffin
ChM. Eva Tan Lee Yin
Prof. Dr. Mohammad Khaeruddin

Penandatanganan MOU dan MOA ini diterima oleh Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, ST.M. Phil., selaku Wakil Rektor bidang Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas, serta Dekan FK-UH, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK, FINASIM yang juga menjabat sebagai Ketua AIPKI Wilayah VI. Turut hadir pula Wakil Dekan Bidang III FK-UH sekaligus Sekretaris AIPKI Wilayah VI, Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.KM.

Kegiatan penandatanganan MOU dan MOA yang diikuti oleh 14 Fakultas Kedokteran yang termasuk dalam AIPKI Wilayah VI ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dilakukan AIPKI Wilayah VI bersama MSU Malaysia yang sebelumnya diawali dengan kegiatan Benchmarking.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang IV Unhas menyampaikan harapannya bahwa internasionalisasi menjadi kata kunci yang kian penting di masa global. Sebagai bangsa yang serumpun, Indonesia dan Malaysia perlu bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai kesuksesan bersama. Kerjasama yang erat antara kedua negara terlihat dalam banyaknya penelitian bersama, penyediaan dana, dan bidang-bidang yang saling relevan sehingga hubungan antara universitas di Indonesia dan Malaysia semakin terjalin erat juga menyampaikan pesan dari Rektor Unhas bahwa universitas siap menjadi mitra bagi MSU dan bersama-sama tumbuh secara sinergis dan berkelanjutan di masa depan.

“Penandatanganan MOU dan MOA ini menjadi langkah maju dalam mengembangkan kerjasama dan pertukaran ilmu antara AIPKI Wilayah VI dan MSU Malaysia, yang diharapkan akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak serta dunia pendidikan kedokteran secara keseluruhan.” Jelas Prof. Adi

Sementara itu, Prof. Tan Sri Dato Wira Dr Mohd.Shukri Ab Yajid, President MSU, menyatakan bahwa hubungan antara kedua negara sangat penting dan mengajak untuk bekerjasama dalam kerangka riset dan kolaborasi pada bidang Medical Education Research dan lebih jauh lagi untuk mencapai fungsi yang lebih baik secara global.