Sosialisasi Persiapan Implementasi Programmatic Assessment AIPKI Wilayah VI

AIPKI Wilayah VI memulai geliatnya di tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H, bertepatan dengan 19 Juli 2023, dengan mengadakan kegiatan sosialisasi persiapan implementasi Programmatic Assessment. Kegiatan ini diprakarsai oleh Divisi UKMPPD dan Internship AIPKI Wilayah VI, yang dikomandoi oleh dr. Irwin Aras, M. Epid., M. Med. Ed., dengan menghadirkan Prof. dr. Mora Claramita, MHPE, Ph. D., Sp. KKLP. sebagai narasumber. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua AIPKI Wilayah VI Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD-KGH.

Dalam penyampaiannya, Prof. Mora menjelaskan tentang 5 komponen Programmatic Assessment yaitu: learning activities, assessment activities, supporting activities, intermediate evaluation dan final evaluation. Proses ini didokumentasikan dan terekam dalam Portofolio mahasiswa. Programmatic Assessment yang mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek 2022 telah menghasilkan HAKI, paten, dan banyak publikasi dalam jurnal terindeks Scopus. Programmatic assessment pada dasarnya tidak menghilangkan UKMPPD, namun meningkatkan peran institusi untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan menyediakan multiple data points yang akan berkontribusi pada hasil akhir penilaian kelulusan MPPD. Dengan demikian, tidak “memotret” kemampuan mahasiswa hanya sekali melalui UKMPPD, dan mengecilkan proses yang telah dilalui MPPD dan institusi. 

Program ini diharapkan mampu memberikan solusi terhadap banyaknya retaker UKMPPD saat ini. Implementasi program ini akan membutuhkan kebijakan dari stake holder yang berwenang.